Hasil Pertandingan Piala Eropa : Jerman Benam Belanda 3:2

Laga seru terjadi ketika Timnas Jerman menghadapi Belanda di Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2020. Die Mannschaft menang dengan skor 3-2.

Bertanding di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Senin (25/3/2019) pagi-pagi sekali WIB, Jerman tampil mengurangi sejak awal. Dua kali kesempatan ditebar anak asuh Joachim Loew di mula laga, lewat Serge Gnaby dan Nico Schulz, tetapi masih belum membuahkan hasi.

Belanda sendiri baru ancaman di menit ke-12. Memphis Depay dari segi kanan luar kotak penalti mencungkil tendangan keras, tetapi bolanya masih melayang jauh dari gawang Jerman.

Jerman sukses unggul pada menit ke-15. Dari sisi kiri, Nico Schulz mencungkil umpan tarik yang dapat diterima Leroy Sane. Tanpa kesulitan, pemain Manchester City tersebut melepaskan tendangan keras dengan kaki kiri yang menciptakan bolanya masuk ke gawang Belanda, tanpa dapat dihalau kiper Jasper Cillessen.

Di menit ke-25, kesempatan emas didapat Belanda lewat Ryan Babel. Menerima bola sodoran Quincy Promes ke kotak penalti, Babel yang dalam posisi bebas mencungkil tendangan keras ke gawang Jerman. Manuel Neuer mengerjakan penyelamatan gemilang menghalau tembakan itu. Upaya Babel hanya berujung tendangan sudut.

Dua menit berselang, Neuer pulang menggagalkan kesempatan emas Babel. Berawal dari umpan Promes lagi, Babel, yang sedang di mulut gawang, dapat menyontek bolanya tapi dapat dihalau Neuer dengan refleknya yang luar biasa.

Keunggulan Jerman meningkat pada menit ke-34. Serge Gnabry mendapat umpan lambung Antonio Ruediger, dan mengerjakan sedikit tusukan ke dalam kotak. Meski dipertahankan Virgil van Dijk, Gnabry mencungkil tendangan melengkung yang tidak berhasil diantisipasi Cillessen. Jerman memimpin 2-0 atas Belanda, yang bertahan sampai jeda.

Di babak kedua, Belanda langsung memperkecil status tiga menit selepas turun minum. Bek Matthis de Ligt menciptakan skor menjadi 1-2. Memanfaatkan crossing Depay, tandukan De Ligt tak mampu diselamatkan Neuer.

Belanda energik usai dapat mencetak gol. Tekanan demi tekanan, hingga akhirnya Depay menyamakan skor pada menit ke-62.

Di kotak penalti Jerman, usai terjadi tidak banyak kemelut, Depay berkolaborasi dengan Giorginio Wijnaldum sebelum mencungkil tendangan kaki kanan, yang mengirim bola bersarang ke pojok bawah kiri gawang Jerman tanpa dapat diamankan Neuer. Skor menjadi 2-2.

Usai skor imbang, Belanda berkali-kali mengurangi Jerman. Tercatat Promes dan Depay sempat menebar ancaman lagi ke gawang Neuer, tetapi upayanya belum membuahkan gol ketiga Belanda.

Jerman pun tak bermukim diam. Tercatat, Toni Kroos sempat menakut-nakuti pada menit ke-82, sedangkan Gnabry menciptakan peluang di menit ke-84. Keduanya masih belum membuahkan hasil. Di menit ke-88, Jerman juga memasukkan Marco Reus menggantikan Gnabry.

Masuknya Reus dominan pada permainan Jerman. Dua menit berselang, penyerang Borussia Dortmund tersebut mengkreasi gol kemenangan Jerman. Dari sisi kiri, ia mencungkil umpan tarik ke tengah, yang dapat diselesaikan dengan rapi oleh Schulz. Jerman pun memblokir laga dengan kemenangan 3-2 atas Belanda.

Hasil ini menciptakan Jerman meraih tiga poin perdananya di Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2020, dan menduduki posisi tiga. Adapun Belanda, yang di laga sebelumnya menang 4-0 atas Belarusia, menelan kekalahan kesatunya dan terbendung di peringkat dua dengan tiga poin, masih unggul gol dari Jerman.

Grup C sendiri sekarang dipuncaki Irlandia Utara, yang di ketika bersamaan menang 2-1 atas Belarusia. Irlandia Utara mengumpulkan 6 poin dari dua laga, usai di laga sebelumnya menang 2-0 atas Estonia.

Susunan Pemain

Timnas Belanda: Cillessen, Blind, Van Dijk, De Ligt, Dumfries, De Jong, Wijnaldum, De Roon (Luuk de Jong 90′), Babel (Bergwijn 46′), Promes, Depay

Timnas Jerman: Neuer, Ginter, Sule, Ruediger, Schulz, Kroos, Kimmich, Kehrer, Sane, Gnabry (Reus 88′), Goretzka (Guendogan 70′)

ADD YOUR COMMENT